Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

31 Contoh Peluang Usaha untuk Anak Muda

 Tiga Puluh Satu Contoh Peluang Usaha untuk Anak Muda_Membahas 31 contoh peluang usaha untuk anak muda pastinya menjadi salah satu topik yang begitu menarik. Memasuki masa transisi dari anak-anak menjadi dewasa, pastilah tak sedikit pemuda yang mulai memikirkan masa depannya, salah satunya penghasilan dan pekerjaan.

31 Contoh Peluang Usaha untuk Anak Muda

Memulai usaha saat usia muda mungkin akan menjadi keuntungan tersendiri saat masa tua nanti lantaran sudah mengerti mengenai usaha yang cocok dan tinggal melanjutkan saja usaha yang telah dirintis sejak muda.

Beberapa pemuda mulai mengeksplorasi diri mencoba hal baru hingga mereka menemukan passion mereka. Akhir-akhir ini seringkali ditemukan dan bermunculan usaha baru yang berasal dari semua sektor, baik kuliner, freelance, fashion hingga ekonomi kreatif. Mungkin beberapa usaha memiliki peluang yang cukup besar dan akan memberikan pemasukan yang lumayan.

Namun tak sedikit orang yang merasa kebingungan memilih usaha yang cocok dengan passion dan modal yang dimiliki. Berbicara mengenai usaha, ada beberapa contoh usaha yang dapat dipertimbangkan untuk mulai dilakoni.  Jika memerlukan beberapa contoh yang dapat dilakukan untuk mulai merintis usaha baru, mungkin pada artikel ini akan mendapatkan jawabannya.

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai 31 contoh peluang usaha untuk anak muda yang dapat dijadikan referensi untuk memulai dan menekuni sebuah usaha baru. Penasaran apa saja?  Berikut 31 contoh peluang usaha untuk anak-anak muda yang dapat dipertimbangkan:

1. Blogger atau Freelance Writer

Salah satu peluang usaha untuk anak muda yang pertama yakni blogger atau freelance writer. Peluang usaha yang satu ini sangat cocok bagi pemuda yang menyukai dan ingin terjun langsung dalam dunia kepenulisan.

Artikel terkait: Cara Mudah Membuat Blog Gratis untuk Pemula

Untuk menjadi freelance writer banyak sekali sekarang ini berbagai platform dan web yang akan membayar tulisan penulis. Jika ingin memiliki media menulis sendiri secara bebas, maka blogger juga dapat menjadi rekomendasi.

Modal yang diperlukan pun juga tidak banyak, hanya perlu Laptop atau PC, serta jaringan internet maka sudah dapat menulis. Namun untuk membuat blog, maka lebih baik untuk belajar membuat blog sendiri di Wordpress. Pasalnya, Wordpress menyediakan banyak sekali pilihan tema dan tentunya bersifat gratis.

Namun yang perlu diperhatikan adalah hosting dan domain agar publik dapat mengakses blog. Hosting dan domain ini biasanya akan didapatkan seluruhnya jika membeli hosting. Banyak sekali situs yang telah menyediakan hosting. Untuk itu, cobalah untuk membeli harga termurah saja.

Perbulannya ada yang mulai 15 ribuan saja. Bukan hanya itu saja, untuk menjadi blogger terkadang harus membeli backlink dan membeli artikel. Namun akan lebih hemat jika membuat artikel sendiri.

Banyak sekali keuntungan menjadi blogger, misalnya kontes blogger yang berhadiah jutaan rupiah, atau blog yang dibangun mendapatkan sponsor dari google adsense. Jika terus konsisten dalam membuat konten artikel, mungkin mendapat income jutaan rupiah perbulan terbilang akan lebih mudah.

2. Online Shop

Berikutnya yang tak kalah menjanjikan dari 31 contoh peluang usaha untuk anak muda adalah memulai bisnis online shop. Tak dapat dipungkiri jika sekarang ini online shop mulai marak dilirik untuk menjadi ladang bisnis oleh kaum muda. Terlebih saat ini peminat online shop yang tinggi lantaran pandemi serta banyaknya marketplace dan aplikasi yang dapat digunakan untuk memasarkan produk menjadi salah satu keuntungan tersendiri.

Untuk usaha ini sendiri memerlukan modal yang bisa dibilang cukup lumayan. Hal ini lantaran online shop harus memiliki stok barang yang harus dijual. Namun jika barang yang dijual tepat sasaran maka modal akan cepat kembali dan keuntungan yang besar. Yang perlu diperhatikan adalah promosi yang baik.

Adanya Shopee, Tokopedia, Lazada dan aplikasi berupa Facebook dan Instagram telah didukung oleh berbagai fitur yang akan memudahkan pemilik online shop. Banyak para pengusaha online shop yang meraup puluhan hingga ratusan juta dalam sebulan. Namun sebelum itu pahami kiat- kiat agar sukses menjadi online shop. Bagaimana? Tertarik mencobanya?

3. Reseller atau Dropshipper

Jika pada usaha online shop memerlukan modal yang cukup lumayan dan harus memiliki stok barang, maka reseller akan lebih mudah sebab hanya menjual barang orang lain. Nantinya reseller ataupun dropship akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan di awal.

Artikel terkait: Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Tanpa Menyediakan Stok Barang Sendiri

Meskipun prinsip kerjanya sama namun keduanya berbeda. Jika reseller berarti menjual barang orang lain dengan nama perusahaan terkait, maka dropshipper menggunakan nama sendiri. Dropshipper sama halnya dengan pemilik toko, sedangkan reseller adalah agen.

Untuk menjadi dropshipper maupun reseller, biasanya pada awal akan diminta untuk menyetorkan uang sebagai modal untuk menjual. Biasanya untuk menjadi reseller atau dropshipper hanya memerlukan modal ratusan ribuan saja untuk dapat menjual produk. 

Namun sebelum memulai, kenali terlebih dahulu produk dan perusahaan yang barangnya akan dijual. Ini untuk mengantisipasi adanya penipuan atau untuk mengenali produk agar lebih mudah mempromosikan. Serta, modal yang dikeluarkan tentunya tidak besar. Bagaimana? Tertarik?

4. Bisnis Desain Web

Jika memiliki kemampuan dibidang IT terlebih desain web, maka dapat dikatakan jika peluang usaha untuk anak muda yang satu ini memiliki prospek yang baik.

Bagaimana tidak? Perkembangan teknologi seperti ini pastilah banyak orang yang membutuhkan untuk pembuatan web yang fungsional, tak hanya menjangkau ranah perusahaan saja, bisnis desain web juga diperlukan oleh komunitas, organisasi hingga web untuk berjualan.

Serta bisnis ini dapat secara mudah ditemukan pada web seperti Sribulancer, Fiverr dan banyak lagi. Modal untuk bisnis ini sendiri terbilang cukup besar sebab tidak hanya mendesain saja tetapi juga menyiapkan atau membeli hosting dan domain. Namun meskipun modal terbilang lumayan, hasil yang didapatkan dari sebuah proyek akan sangat lumayan. Bahkan satu proyek bisa menghasilkan ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Besaran nominal tersebut dapat ditentukan dengan kesulitan dalam desain dan biaya ganti membeli hosting dan domain. Prospek yang tinggi tidak hanya langsung melamar pekerjaan. Untuk menambah pengetahuan, pengalaman dan skill maka dapat dengan melamar internship program pada perusahaan yang tentunya sama sekali tidak memerlukan modal.

5. Bisnis Laundry

Peluang usaha untuk anak muda selanjutnya yakni laundry. Bisnis laundry menjadi salah satu usaha yang memiliki peluang yang cukup besar, terlebih bagi anak muda yang tinggal di kota-kota besar. Pada bisnis ini, jika mampu memberikan pelayanan yang baik dan customer puas dengan pelayanan yang diberikan, maka pendapatan yang diperoleh pun tak tanggung-tanggung.

Banyak sekali orang-orang yang mulai menggunakan jasa laundry entah karena malas mencuci, setrika ataupun karena faktor cuaca. Terlebih jika tempat yang akan dijadikan sebagai tempat laundry sangat dekat dengan asrama, pondok pesantren, atau mungkin malah tempat kos mahasiswa, maka akan menjadi ladang untuk penghasilan.

Namun modal untuk menjalankan bisnis ini terbilang cukup besar. Hal ini lantaran memerlukan mesin cuci, setrika, detergen hingga parfum laundry yang berkisar kurang lebih 7 jutaan. Namun modal yang dikeluarkan pun akan tertutupi sebab penghasilan yang akan didapatkan. Penghasilan yang didapatkan kurang lebih 2-4 juta perbulan.

6. Usaha Jasa Les Privat

Peluang usaha untuk anak muda berikutnya adalah usaha jasa les privat. Usaha ini terbilang cukup mudah dan tidak memakan modal yang sangat besar. Terlebih bagi pemuda yang juga berperan sebagai mahasiswa, usaha ini dapat dijadikan referensi.

Anak muda hanya perlu untuk menyisihkan sedikit waktunya untuk mengajari anak-anak yang mengikuti bimbingan les. Jasa ini dapat dipromosikan menggunakan poster, ataupun brosur untuk mengenalkan les privat ini. Modal yang dikeluarkan pun juga tidak terlalu besar, hanya biaya pencetakan poster dan brosur. Namun, sebelum membuka jasa les privat ini, pastikan jika telah memahami keilmuan yang akan diajarkan. 

7. Berbisnis Menjadi Web Developer

Berikutnya yang dapat dipertimbangkan sebagai peluang usaha untuk anak muda adalah berbisnis menjadi web developer. Usaha ini sangat menjanjikan terlebih banyaknya orang yang membutuhkan jasa ini.

Hampir serupa dengan desain usaha desain web, web developer ini memerlukan modal untuk membeli hosting dan domain. Untuk profesional web diperlukan membeli hosting kisaran 300 ribu rupiah saja.

Namun sebelum memilih menjadi Web developer yang paling penting adalah memahami HTML, CSS, Phyton dan sebagainya. Meskipun begitu, menjadi web developer ini memiliki peluang emas. Jika ingin menekuni bisnis ini, maka lebih baik jika mengikuti program internship terlebih dahulu agar skill menjadi lebih matang saat berbisnis menjadi web developer.

8. Affiliate Marketing

Usaha berikutnya yang memiliki banyak peluang usaha untuk anak muda sekarang ini adalah affiliate marketing. Sistem ini banyak sekali digunakan bahkan para artis untuk mengembangkan usahanya.

Penting diketahui, sistem Affiliate ini dapat dijalankan oleh berbagai kalangan dan dari segala umur. Sistem kerjanya cukup mudah, yakni hanya mempromosikan barang milik orang lain dan akan mendapatkan komisi setelah ada orang yang membeli melalui link milik anggota affiliate. Untuk menjadi Affiliate marketing, diperlukan sekiranya modal ratusan ribu saja untuk menjadi bagian affiliate marketing.

Kemudian untuk pengemasan, pengiriman merupakan tanggung jawab dari perusahaan. Sangat mudah bukan? Namun jangan anggap remeh ya! Banyak yang sudah menghasilkan puluhan juta lantaran mengikuti affiliate marketing ini. Bagaimana? Tertarik?

9. Fotografer

Menyukai dunia fotografi? Mungkin peluang usaha untuk anak muda yang satu ini menjadi kegemaran untuk beberapa anak muda. Menjadi fotografer dapat memberikan penghasilan sekaligus mengembangkan hobi!

Tidak harus memiliki studio sendiri, usaha yang satu ini dapat dilakukan dengan cara mengawali diri dengan menawarkan jasa fotografi. Pasar yang akan membutuhkan jasa ini adalah fotografi produk, anniversary, model, presentasi, hingga company profile. 

Untuk modal menjadi fotografer maka perlu kamera dan seperangkat peralatan pendukung lainnya, namun jika belum memiliki modal, maka yang diperlukan adalah kemampuan editing foto agar terlihat menarik dan dapat sementara menggunakan kamera yang dirental.

Untuk tahap awal, dapat mempromosikan jasa fotografi melalui kenalan teman yang sedang memiliki acara atau sengaja membuat project menggunakan teman sebagai model lalu mengunggah hasil jepretan melalui media sosial.

10. Menjadi Seorang MC

Menyukai berbicara di depan umum? Atau mungkin memiliki kemampuan public speaking yang baik? Mungkin menjadi seorang MC dapat menjadi peluang usaha untuk anak muda yang dapat dipilih.

Usaha ini merupakan usaha yang sama sekali tidak memerlukan modal, hanya berbekal berani dan memiliki penyampaian kata yang baik merupakan modal yang penting. Meskipun tanpa modal, nyatanya usaha ini tidak dapat dianggap remeh.

Sebab sekali menjadi MC saja, biasanya akan dibayar kisaran RP 500 ribu -Rp 1 juta. Cukup besar dan lumayan untuk menabung bukan? Yang perlu diperhatikan dalam usaha ini adalah pemahaman dalam pembawaan acara seperti tata cara membuka acara, hingga penutup acara.

11. Menjadi Admin Sosial Media

Berikutnya yang tak kalah menjanjikan sebagai peluang usaha untuk anak muda adalah dengan menjadi admin sosial media. Usaha ini hanya bermodalkan akun sosial media saja! Menjadi admin ini bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dengan cara membuka paid promote. 

Usaha ini tidak memerlukan modal, karena hanya membuat dan mengelola akun sosial media. Namun jika tidak dapat membuka jasa paid promote, maka dapat dengan cara menjadi admin di media sosial toko atau mungkin perusahaan. Sekarang ini tak dapat dipungkiri jika banyak orang yang membutuhkan jasa admin ini. Bahkan ada program internship yang membuka lowongan untuk jasa admin ini. Bagaimana? Tertarik.

12. Jasa Internet Marketing

Salah satu contoh lainnya dari peluang usaha untuk anak muda berikutnya adalah jasa internet marketing. Usaha ini akan membuat seseorang yang ingin menekuninya harus paham mengenai dunia internet marketing.

Terlebih jika memahami content marketing, facebook ads, instagram ads, dan lainnya pasti akan membuat anak muda yang terjun didunia ini akan semakin sukses. Usaha ini juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar lantaran hanya memerlukan pemahaman mengenai internet marketing saja.

Jasa ini banyak dibutuhkan karena banyak perusahaan yang ingin memasarkan jasa atau produk mereka menggunakan internet marketing ini. Hal ini pastinya didasari oleh jangkauan internet yang tidak terlepas dari banyaknya penggunaanya oleh manusia.

13. Jasa Search Engine Optimization (SEO)

Berikutnya peluang usaha untuk anak muda adalah jasa SEO. SEO sendiri adalah taktik membuat konten dan website agar mendapatkan rangking atau peringkat di halaman pertama Google atau mesin pencari lain. 

Traffic yang tinggi dalam pembuatan konten akan menjadi hal yang begitu berharga untuk sebuah perusahaan. Membuka jasa ini sangat banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar dan sangat berpeluang. Jika portofolio bagus, maka sangat memungkinkan untuk mendapatkan jutaan rupiah dalam waktu singkat.

Mendapatkan income jutaan rupiah dalam sebulan, nyatanya usaha ini tidak memerlukan modal! Mungkin yang diperlukan hanya laptop dan pemahaman mengenai teknik SEO saja. Namun menjadi SEO haruslah memiliki analisa yang kuat agar traffic yang didapatkan pun akan lebih besar.

14. Berbisnis Pakaian

Salah satu peluang usaha untuk anak muda yang sangat memungkinkan untuk mendapatkan income yang besar adalah berbisnis pakaian. Sekarang ini banyak orang yang mulai peduli mengenai outfit yang tentunya akan sangat mendukung jika membuka usaha pakaian. Usaha ini meskipun memerlukan modal yang cukup lumayan, nyatanya income yang akan didapatkan juga sangat menjanjikan.

Modal yang diperlukan tergantung dengan banyaknya pakaian yang akan dijual dan banyaknya modal yang dimiliki. Sebelum itu, pahami trend saat ini mengenai pakaian agar usaha pakaian ini dapat laris manis dipasaran. Berbisnis pakaian ini dapat dipromosikan melalui media sosial ataupun marketplace hingga mungkin membuat toko sendiri. Bagaimana? tertarik?

15. Berbisnis Handmade

Selanjutnya yang dapat menjadi peluang usaha untuk anak muda berikutnya adalah berbisnis handmade. Jika anak muda yang biasanya memiliki jiwa kreatif dan menyukai untuk membuat barang, maka bisnis ini dapat dipertimbangkan.

Barang yang dijual dapat barang yang merupakan buatan sendiri ataupun mempromosikan barang milik orang lain.Dan ranah bisnisnya pun beragam karena dapat menjual barang berupa barang etnik, dekorasi, perhiasan dan sebagainya. Terlebih handmade yang dijual berasal dari barang bekas ataupun barang alam yang mungkin tak memerlukan modal banyak.

Mengawali usaha ini, dapat memasarkan produk pada tempat wisata ikonik di daerah masing-masing untuk dijadikan oleh-oleh. Atau bisa saja memasarkan produk melalui marketplace! Sudah banyak juga yang berbisnis handmade hingga mengekspor barangnya di kancah internasional. Dan tentunya omzet yang didapatkan pun tidak main-main!

16. Berbisnis Sepatu

Jika di atas sudah dibahas mengenai bisnis pakaian, maka tak akan lengkap jika tidak membahas bisnis sepatu. Jika anak muda yang menyukai mengoleksi sepatu, maka dapat melirik peluang usaha untuk anak muda yang satu ini.

Lantaran sepatu sudah menjadi salah satu kebutuhan fashion, pastinya banyak sekali peluang yang terbuka lebar. Namun sebelum itu, pahami sepatu yang sedang trend sekarang ini dan padukan dengan hal baru agar bisnis sepatu memiliki ciri khas unik tersendiri. Misalnya memadukan dengan batik, melukis sepatu custom dan lain sebagainya. 

Jika sepatu yang ditawarkan memiliki daya saing yang tinggi dari segi kualitas, maka omzet yang akan didapatkan akan tinggi mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah perbulannya. Sedangkan untuk modalnya sendiri, terbilang cukup besar, namun tentunya akan sebanding dengan omzet yang akan didapatkan.

Misalnya saja dengan mendesain sendiri sepatu lalu menyerahkannya kepada pengrajin sepatu dan menjualnya, pastilah memiliki keuntungan yang besar. Sepatu tersebut dapat dipasarkan melalui marketplace seperti Shopee, Lazada, atau Tokopedia.

17. Menawarkan Jasa Online Course

Memiliki kemampuan untuk bahasa asing? Atau mungkin memiliki kemampuan suatu bidang ilmu tertentu? Maka usaha ini lah yang dapat menjadi referensi! Usaha ini terbilang menggunakan modal yang kecil dan tentunya akan sangat efektif untuk menjadi sumber penghasilan baru.

Peluang usaha untuk anak muda ini memerlukan kreatifitas yang tinggi untuk menjelaskan atau menyampaikan informasi agar para peserta online course dapat memahami dengan baik. Usaha ini juga memerlukan kesabaran yang tinggi untuk membuat video step by step dari yang dijelaskan dan membuat latihan dan sertifikat untuk menjadi fasilitas bagi peserta.

Modal untuk usaha ini sendiri terbilang sedikit, banyak sekali teknologi dan aplikasi yang telah tersedia untuk membuat online course. Misalnya memanfaatkan zoom meeting, google classroom, dan lain sebagainya. Dan tentu saja semua aplikasi ini gratis. Mungkin modal yang diperlukan adalah waktu, pamflet atau brosur untuk menawarkan online course.

Dan jika online course berjalan dengan semestinya maka diperkirakan income yang akan didapatkan pun ratusan hingga jutaan rupiah tergangtung dengan banyaknya peserta yang mengikuti.

18. Jasa Virtual Assistant

Kesibukan orang tentang pekerjaan yang menyita cukup banyak waktu membuat beberapa orang terlupa untuk melakukan beberapa pekerjaan lainnya. Misalnya saja untuk membayar tagihan listrik, membuat daftar pertemuan, rencana bulanan, hingga mengatur keuangan dan lain sebagainya.

Jika pemuda memiliki manajemen waktu yang baik, dan memiliki sarana komunikasi seperti hp, dan laptop maka dapat melirik peluang usaha untuk anak muda yang satu ini. Penting sekali untuk mempromosikan jasa ini, jadi modal yang diperlukan adalah sarana komunikasi serta biaya untuk promosi jasa. Namun meskipun dengan modal yang terbilang cukup sedikit ini nyatanya akan memungkinkan memberikan income yang lumayan besar.

19. Jasa Penerjemah

Berikutnya adalah jasa penerjemah, jika memiliki kemampuan bahasa asing yang baik seperti bahasa Inggris, Mandarin, Spanyol dan bahasa lainnya maka dapat mencoba usaha yang satu ini. Peluang usaha untuk anak muda yang satu ini memiliki banyak sekali peluang dan banyak yang membutuhkan. Jika benar-benar mau melakoni usaha ini, maka sangat mungkin jika akan memberikan income yang sangat menjanjikan.

Jasa penerjemah umumnya tidak memerlukan modal. Berbekal cv, portofolio serta sertifikat penguasaan bahasa menjadi modal utamanya! Prospeknya tidak hanya sebatas membuka jasa penerjemah saja, tetapi perusahaan juga banyak yang memerlukan jasa ini. 

Misalnya dengan melamar di perusahaan-perusahaan maka posisi penerjemah ini akan diminta untuk menerjemahkan dokumen, kontrak atau bahkan menjadi seorang asisten direktur pun bisa dan tentunya gaji yang ditawarkan pun akan lumayan besar berkisar 2-8 juta rupiah perbulan, dan tentunya tidak memungkinkan juga untuk mendapatkan gaji dollar!

20. Jasa Pengisi Suara Online

Pernah terbayang bermodalkan suara bisa menjadi sumber penghasilan? Bagi pemuda yang memiliki suara yang berkarakter dan mampu berakting suara, maka ini dapat menjadi salah satu peluang usaha untuk anak muda yang patut dipertimbangkan.

Ini lantaran maraknya bisnis multimedia seperti podcast, animasi dan sebagainya. Modalnya hanya sering berlatih saja untuk mengembangkan suara dan intonasi yang baik maka anak muda dapat memulai usaha ini. Untuk gaji yang ditawarkan juga beragam dan tergantung tingkat kesulitan. Namun jasa ini memiliki prospek yang tinggi dan tentunya dapat memberikan income hingga jutaan rupiah.

21. Jasa Pembukuan UKM Online

Jika anak muda yang berlatar pendidikan administrasi, akuntan, perpajakan maka peluang usaha untuk anak muda yang berikut ini dapat menjadi pertimbangan. Apalagi UKM di Indonesia ini sangat banyak dan akan terus berkembang seiring waktu, maka prospek dan peluang usaha ini juga cukup besar.

Namun beberapa UKM ternyata membutuhkan jasa pembukuan. Meskipun disebut jasa pembukuan yang biasanya banyak dilakukan secara offline, nyatanya banyak UKM yang menyediakan lowongan untuk jasa pembukuan UKM Online.

Untuk pertama kali, anak muda harus kreatif dalam mempromosikan jasa pembukuan ini, misalnya membuat pamflet, promosi di media sosial atau mungkin membuat website profesional yang akan menunjukkan keseriusan dalam menekuni bidang ini. 

Untuk itu, modal yang diperlukan tidaklah terlalu banyak, namun hanya berbekal keterampilan pembukuan yang baik maka dapat menekuni bidang ini dan gaji berkisar 2-4 juta rupiah perbulan!

22. Bisnis Cake dan Kue

Memiliki kecintaan dalam membuat kue? Maka peluang usaha untuk anak muda kali ini dapat menjadi salah satu usaha yang cocok. Namun tak perlu langsung memiliki toko kue, cukup pemasaran dan promosikan cake dan kue ini melalui sosial media dan dibuat ketika terdapat pesanan.

Modal hanya ratusan ribu saja akan menghasilkan income yang lumayan besar hingga jutaan rupiah! Namun untuk pertama kali, lebih baik lengkapi alat maupun bahan yang diperlukan untuk membuat kue. Belajar melalui tutorial di sosial media, youtube ataupun media lainnya dapat mengasah keterampilan membuat kue. Bagaimana? Seru bukan?

23. Bisnis Kuliner Kekinian yang Lagi Trend

Menyukai kuliner? Mungkin berbisnis kuliner kekinian dapat menjadi salah satu referensi yang dapat digunakan untuk berbisnis. Misalnya yang tengah populer sekarang ini adalah korean food seperti Topokki, Hotang, atau corndog yang tengah naik daun dapat menjadi contoh peluang usaha untuk anak muda.

Banyak orang yang suka mencoba atau sekedar ikuti tren saja untuk ikut membeli kuliner yang sedang populer menjadi salah satu peluang emas tersendiri. Namun sebelum mencoba berbisnis, pahami terlebih dahulu resep atau buat promo menarik agar banyak orang yang melirik kuliner yang dijual.

Modal untuk pertama kalinya terbilang cukup besar, hal ini lantaran perlunya membeli alat dan bahan serta rombong atau tempat untuk media berjualan. Membuat kuliner boleh saja, tetapi tidak ada salahnya jika menampilkan hal baru yang unik memadukan dengan makanan yang ada. Seperti burger yang dipadukan dengan makanan lokal seperti rendang dan sebagainya.

24. Bisnis Minuman 

Coba perhatikan akhir-akhir ini? Banyak sekali minuman yang trend dan menjadi peluang usaha untuk anak muda sekarang ini. Misalnya Thai Tea, Boba dan minuman lainnya. Hampir serupa dengan bisnis kuliner kekinian, modal ratusan ribuan saja sudah bisa menjalankan bisnis ini. Namun untuk pertama kali persiapkan terlebih dahulu rombong, tempat berjualan, alat dan bahan juga tentunya.

Untuk modal awal tergantung dengan banyaknya alat dan bahan yang akan digunakan. Biasanya modal awal berkisar 3-5 juta rupiah. Namun omzet yang akan didapatkan pun juga sebanding dengan modal awal, yakni berkisar 2-3 juta perbulan.

Pastinya banyak yang berminat bukan? Nah karena itu, bisnis minuman ini menjadi salah satu ide bisnis yang sangat menjanjikan.  Mungkin memerlukan modal yang lumayan untuk membeli barang atau bahan yang diperlukan seperti perasa minuman, cup, hingga blender mungkin. Namun bisa dikatakan jika bisnis ini akan balik modal dengan cepat, tertarik?

25. Jasa Penulis Freelance

Memiliki kemampuan dan hobi menulis namun tidak memiliki waktu yang sangat banyak maka menjadi penulis freelance dapat menjadi peluang usaha untuk anak muda yang dapat dilirik. Usaha ini dibilang dapat dilakukan meskipun tanpa modal. Hanya berbekal kemampuan menulis dan perangkat media seperti laptop atau HP pun sudah dapat menjalankan usaha ini.

Banyak sekali media, komunitas atau mungkin membuka jasa sendiri mengenai kepenulisan baik menulis artikel, atau copywriter. Banyak sekali lowongan yang dapat dicari melalui situs freelance atau melalui sosial media.

Jika memenuhi target, maka dapat dengan cepat mendapatkan penghasilan. Dan uang yang diberikan pun terkadang berbeda-beda, tergantung dengan ketentuan komisi yang diberikan dan kinerja penulis.

26. Jasa Videografi

Selanjutnya yang menjadi peluang usaha untuk anak muda terlebih untuk untuk pemuda yang menyukai videografer dapat menjadi referensi. Banyak orang yang tentunya memerlukan jasa ini untuk mengabadikan momen atau mungkin untuk promosi produk. 

Jika ada pemuda yang pandai menangkap angel dalam membuat video dan memiliki jiwa kreatif dalam editing maka akan sangat cocok untuk usaha yang satu ini. Modalnya mungkin hanyalah perangkat yang akan digunakan untuk videografi serta kemampuan editing video. Terlebih melihat traffic internet yang mencapai angka 82% berasal dari video, maka banyak orang yang mencari dan dapat menjadi ide bisnis yang tepat.

27. Jasa Desain Grafis

Memiliki kemampuan dalam desain grafis? Mungkin ide dari salah satu peluang usaha untuk anak muda yang satu ini dapat menjadi ide terbaik. Sekarang banyak sekali perusahaan atau instansi lain yang memerlukan jasa ini.

Usaha ini umumnya tidak memerlukan modal yang terlalu besar, hal ini lantaran hanya perlu kemampuan desain grafis serta penguasaan aplikasi editing saja. Meskipun tanpa modal, usaha ini nyatanya memiliki prospek yang sangat tinggi.

Apalagi banyak perusahaan yang membuka lowongan hingga internship untuk posisi ini begitu banyak sehingga memiliki peluang yang tak main-main. Desain ini biasanya diminta untuk mendesain poster, ilustrasi promosi dan sebagainya. Bagaimana? Menarik bukan?

28. Membuat Channel Youtube

Senang untuk membuat konten? Maka peluang usaha untuk anak muda yang berikut ini dapat dijadikan pilihan. Banyak sekali para pembuat konten youtube yang kini telah sukses, misalnya Atta Halilintar. Tidak tanggung-tanggung, penghasilan menjadi youtuber yakni berkisar jutaan hingga ratusan juta. Bahkan jika channel yang dibangun sukses, maka tidak memungkinkan jika miliaran rupiah akan didapatkan.

Namun untuk membuat channel, usahakan kreatif dan memiliki konten fresh yang cukup berbeda dengan konten milik orang lain. Modal yang diperlukan juga tidak besar tergantung dengan kebutuhan konten yang akan diangkat. Adapun yang diperlukan dalam usaha ini adalah kreativitas dan kemampuan editing video basic. Jika memiliki ide yang menarik dan unik, memiliki selera humor yang baik serta editing video yang menarik dapat menjadi kunci untuk sukses pada bisnis ini.

29. Bisnis Hadiah Unik

Berikutnya yakni bisnis membuat hadiah yang unik. Jika peluang usaha untuk anak muda yang satu ini membutuhkan kreatifitas saja, namun hasil yang akan didapatkan tidak main-main. Semakin banyak orang yang menginginkan kado ataupun hadiah yang unik untuk orang tercinta mereka, maka ini dapat menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Misalnya saja melukis sepatu kanvas, jaket lukis, scrapbook, ilustrasi dari potongan kertas atau mungkin kerajinan lain yang dapat dijadikan sebagai kado yang unik. Modal yang dikeluarkan pun juga tidak terlalu besar, namun income yang didapatkan akan lumayan besar.

Bisnis ini juga dapat dipasarkan melalui sosial media hingga marketplace. Jika mampu mempromosikan dengan baik dan kualitas barang yang diberikan pun juga baik maka kesuksesan dalam bidang ini terbuka lebar.

30. Budidaya Ikan

Pernahkah terpikirkan untuk menjalankan bisnis budidaya ikan? Nyatanya peluang usaha untuk anak muda ini juga dapat dipertimbangkan. Terlebih jika terdapat lahan kosong yang dapat dimanfaatkan untuk tempat budidaya ini maka usaha ini dapat menjadi usaha yang menjanjikan.

Misalnya budidaya ikan lele yang tidak memakan modal yang sangat besar, namun banyak pasaran yang membutuhkan. Misalnya dengan membuat lapak di depan rumah dan memberikan tulisan yang menyediakan lele segar atau mungkin dijual di pasar, di pengusaha warung atau rumah makan dan sebagainya.

Sebelum budidaya maka lebih baik untuk mempelajari terlebih dahulu mengenai teknik budidaya yang baik agar keuntungan yang didapatkan akan lebih maksimal. Modal yang harus dikeluarkan pertama kali yakni pembuatan kolam, membeli bibit, hingga vitamin untuk lele yakni berkisar kurang lebih 3 juta rupiah saja. Namun omzet yang akan didapatkan hingga 5 juta rupiah perbulan.

31. Budidaya Sayuran

Jika terdapat lahan yang cukup untuk menanam sayuran maka anak muda dapat mencoba peluang usaha untuk anak muda yang ini. Terlebih jika menyukai tanaman dan senang berkebun maka ini dapat menjadi peluang emas untuk anak muda.

Jika saja tidak terdapat lahan yang besar, maka juga dapat memanfaatkan teknik hidroponik untuk memaksimalkan proses budidaya sayuran. Sayuran yang dapat dibudidaya adalah kangkung, seledri, sawi dan sebagainya.

Modal awal biasanya berkisar 1,5 -2 juta rupiah, namun untuk penghasilan yang akan didapatkan berkisar hingga 5 juta rupiah. Jika kualitas sayur baik dan berkualitas tinggi maka peminat sayur mungkin akan tergiur dan sangat ramai dipasaran. Terlebih sayur organik, pastilah banyak orang mencarinya. Untuk sayur ini dapat dipasarkan di pasar atau mungkin pada pengusaha makanan ataupun warung. Bagaimana? Cukup menarik bukan?

Itulah 31 contoh peluang usaha untuk anak muda yang dapat dijadikan referensi dan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan usaha mana yang cocok dan sesuai passion.  Sebelum itu pelajari terlebih dahulu mengenai modal awal, tata cara usaha pada peluang yang diminati, hingga risiko yang kemungkinan terjadi untuk bekal sebelum memulai usaha.

Mungkin semuanya tidak cocok, namun jika memiliki minat atau hobi pada salah satu bidang maka cobalah untuk memulai mempelajari dan memulai usaha yang ingin digeluti. Sekarang tidak perlu kebingungan lagi mengenai usaha apa yang ingin dijalankan, 31 peluang usaha tersebut dapat dicoba untuk memulai merintis usaha dan tentunya dapat menambah income yang besar jika dijalankan dengan baik. Jadi, sudahkah memilih usaha apa yang ingin dilakukan? Semoga membantu!